Jumat, 24 Desember 2010

mau tau apa itu Repeator, hub, switch, bridge dan router ?


Baik.. saya akan menjelaskan sedikit tentang jaringan repeater, hub, switch, bridge dan router.
Baca baik baik yah.. dan semoga anda paham..


Repeater yang artinya pengulang ini adalag suatu jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal. Data yang dikirim melaliu jarak yang jauh akan menggunakan repeater karena repeater akan meneruskan dengan cara menguatkan sinyal agar dapat dikirim pada penerima.
Repeater memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
  • Penggunaannya mudah
  • Murah
  • Memiliki satu domain, jadi ketika salah satu port sibuk maka port-port yang lainnya harus menunggu.
  • Akan tetapi  repeater Tidak memiliki alamat tujuan.


HUB


Menghubungkan satu buah computer dengan beberapa buah computer. Kita akan menghubungkan dua buah computer dengan kabel UTP. Tapi bagaimana jika kita ingin menghubungkan 10-20 komputer? Naahh disinilah Fungsi dari HUB. HUB menghubungkan kabel-kabel UTP ke port-port yang ada pada HUB.
Pengguna HUB terbatas hanya mencangkup 10-16 koneksi . penggunaannya relative mudah, harganya pun terjangkau dan sama seperti repeater, HUB pun hanya memiliki satu domain.


BRIDGE


Suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah. Berbeda dengan repeater dan HUB yang tidak memiliki alamat tujuan. Ketika menerima sebuah paket atau data maka Bridge akan langsung menentukan tujuan dan sumber dari data tersebut. Jika segmennya sama maka data akan secara otomatis ditolak, akan tetapi jika segmennya berbeda maka data akan dikirim kesegmen tujuan.
Bridge pun mencegah pesan rusak. Dibandingkan dengan router, bridge mempunyai kecepatan yang lebih tinggi.


SWITCH 

Switch bisa disebut sebagai pengembangan dari bridge.
Switch dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Switch cut through yang memiliki kelebihan pada kecepatannya. Jika ada sebuah paket atau data yang datang, switch akan hanya memperhatikan alamat tujuannya sebelum mengirim ke segmen tujuan.
  • Switch store and Forward yang ketika menerima sebuah paket atau data akan menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskan ke segmen tujuan.
Waktu yang diperlukan untuk memerikasa satu data terbilang cukup lama. Akan tetapi switch akan mengetahui jika ada paket atau data yang rusak dan tidak akan mengganggu jaringan.
Kelebihannya :
  • Switch lebih aman dan cepat
  • Pada saat yang sama switch pun dapat menangani lebih dari satu koneksi
  • Akan tetapi harganya pun lebih  mahal dibanding HUB.

Dan yang terakhir ROUTER


Umumnya bekerja sama seperti Switch dan bridge. Perbedaannya router dapat menyaring lalu lintas data, melilih jalur lalu lintas yang akan dilalui oleh data dengan cara menyaring menggunakan protocol tertentu.
Router akan menghubungkan jaringan satu kejaringan yang lainnya. Jaringannya bisa jaringan LAN, WAN dan Internet.

0 komentar:

Posting Komentar

blogger yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca :)