Jumat, 17 Desember 2010

Sistem Operasi SUN, Linux, Mac OS, dan Free BSD


    

Saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaan antara Sistem Operasi SUN, Linux, Mac OS, dan Free BSD. Mungkin penjelasan yang akan saya kemukakan ini masih kurang jelas atau malah dibawah standar.
Dari berbagai sumber yang saya baca SUN, Linux, Mac OS dan Free BSD adalah Sistem Operasi dari keluarga UNIX. UNIX ini sebuah unit pengembangan untuk computer mini. Disini saya akan menjelaskan satu persatu tentang Sistem Operasi dari keluarga UNIX tersebut.

          SUN
System Operasi dari keluaran UNIX ini diperkenalkan pada tahun 1992. Ia menjalankan sendiri hardware maupun softwarenya dan memproduksi processor nya yang dapat menghasilkan fitur-fitur menarik seperti MBD, RBAC, SMF, D Trace dsb. Sistem Operasi ini melalui beberapa perubahan, setelah merilis SUN OS Versi 4, lalu dengan beberapa pertimbangan tertentu berubah menjadi Solaris Versi 2, tetapi seharusnya Solaris Versi 2 ini adalah SUN OS Versi 5. Sehingga, SUN OS dianggap Solaris Versi 1.

       Linux
Linux dikenal sebagai Sistem Operasi yang berbasis text dan gui  yang artinya system operasi ini dapat melakukan perintah berupa text dan gambar atau symbol-symbol.  Linux ini mempunyai kelebihan untuk mengakomodasi pengguna server internet , mempunyai program-program yang dimaksudkan agar masyarakat luas menggunakan perangkat lunak ini. Linux pun dapat menjalankan banyak program aplikasi seperti : Mozilla Firefox, Open Office dll.
 Linux digunakan untuk menjadi pesaing besar dengan Microsoft Windows. Linux ini termasuk system operasi yang gratis. Tetapi karena kurang terakomodir sehingga, Windows lebih banyak digunakan orang bahkan survei membuktikan orang-orang lebih banyak yang tau pengertian Windows disbanding Linux.


Mac OS

Mac OS atau Macintosh Operating System, suatu system operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple.
Mac OS system operasi yang berbayar, berbeda dengan Linux yang gratis. Selain itu, tampilan grafis dari macintosh pun lebih bagus dibanding Linux dan hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakannya. Sehingga hanya sedikit orang yang menggunakan macintosh karena perkembangannya pun tidak sebebas Linux.

Free BSD

     
System operasi dari keluarga UNIX satu ini diluncurkan pada tahun 1993. Free BSD ini dapat menjalankan berbagai jenis arsitekturnya. Free BSD pun mendukung platform X86, amd 64. Banyak perusahaan menggunakannya karena terkenal akan stabilitasnya. Kelebihan system operasi Free BSD dan Linux yaitu Sistem Operasi yang kebal terhadap virus dan lebih stabil. Selain itu, Free BSD dan Linux pun memiliki kode yang terbuka yang berbeda dengan software Microsoft. Orang-orang dapat decara bebas mengembangkannya. Namun kekurangannya, masih sangat jarang sekali orang menggunakannya.

Jadi kesimpulannya, dari ke empat system operasi yang berasal dari keluarga UNIX tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

blogger yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca :)