Rabu, 07 Maret 2012

Bisnis Online menggunakan sosial media? why not?

Facebook dan Twitter. Siapa sih yang tidak kenal media sosial tersebut?

Facebook dan Twitter itu sama-sama memiliki satu kelebihan yang utama yaitu Trafic pengunjungnya sangat tinggi, lebih dari 50% orang pasti online Facebook dan Twitter setiap hari. Nah, kenapa tidak kita manfaatkan saja keuntungan tersebut? Well, disini saya akan menjelaskan prospek bisnis online menggunakan kedua media sosial tersebut.

  • Memulai bisnis online menggunakan Facebook
Bisnis online di Facebook sekarang mungkin sudah sangat marak terjadi. Bagaimana sih cara berbisnis online di Facebook? seperti yang telah kita tau, pertama-tama kita si penjual akan mengupload foto-foto dari produk yang akan dipasarkan dan biasanya pada masing-masing foto ada keterangan informasi mengenai produk tersebut. Setelah itu, agar orang bisa melihat produk yang akan kita tawarkan yaitu dengan cara men-tag-nya, fungsi tag disini agar orang-orang yang kita tag mendapat notifikasi atau pemberitahuan mengenai produk kita, dan jangan lupa pilihlah teman-teman Facebook yang memang suka shooping, yang mengerti fashion. Ketika ada teman yang sudah melihat produk kita dan ternyata tertarik untuk membelinya, disinilah transaksinya, karna ini shooping online maka bayarnya pun online, maksudnya tidak dibayar secara langsung atau face to face, pembayarannya biasanya melalui transfer. Mudahkan?
Berbisnis online di Facebook memiliki sedikit kekurangan, yaitu tadi kita bisa saja dianggap sebagai SPAM jika men-tag sembarang orang di friend list, karena telah dianggap mengganggu  orang lain.
contohnya:



itulah bisnis online di Facebook, sekarang kita beralih ke Twitter.

  • Twitter juga bisa sebagai ladang uang

 Twitter sekarang sudah menjadi saingan Facebook, penggunanya sudah mencapai jutaan. 
sistem pertemanan di Twitter juga berbeda dengan Facebook. Lalu bagaimana dengan prospek bisnis onlinenya?
Sama seperti Facebook, kita bisa memulai dengan mengupload foto-foto beserta deskripsinya. setelah itu tinggal membagikannya kepada teman-teman. dan seterusnya sama seperti Facebook.

Lain lagi dengan @maicih, tau kan keripik yang super pedas itu?
maicih tidak menjual produknya melalui online, tetapi ia menyampaikan informasi tentang keberadaan penjual maicih itu melalui Twitter. 
 gambarnya:


Selain menggunakan cara tersebut, bisnis online di Twitter juga dapat menggunakan cara lain, contohnya:
  1. SponsoredTweet, membayar tweet yang kita postkan
  2. Twtmob
  3. Ad.ly
  4. be-a-magpie
  5. yakburst
  6. dll.

2 komentar:

  1. kunjungi juga ya http://graphauzzi.blogspot.com/

    btw rada rada mirip http://bisniswave.blogspot.com/2012/03/tips-berbelanja-online.html

    BalasHapus
  2. haha baru ngeuh gue kalo ada komen, punya sapa itu?

    BalasHapus

blogger yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca :)