Minggu, 18 Maret 2012

Domain Name


Apa itu Domain? Mungkin orang yang masih newbie bermain-main didunia internet akan bertanya-tanya. Baik, saya akan menjelaskan pengertian dari domain dan bagaimana cara mendapatkannya.

Domain adalah nama website kita. Domain adalah nama sebuah website yang dapat memudahkan bagi para user untuk mengakses suatu informasi diserver komputer pada suatu jaringan internet. Pada saat mengakses suatu website, semua website-website pasti memiliki alamat IP yang berupa kumpulan digi-digit angka dari 0 sampai 9, nah fungsi domain disini yang mengganti angka-angka tersebut mejadi suatu nama domain. Misalnya, IP Address 12.234.345.456 adalah untuk domain www.blogaku.com.
Dibuatnya nama domain karena tidak semua orang dapat menghapal deretan angka-angka yang begitu panjangnya.
Well, jadi domain tuh yaa nama website kita. Situs amazon nama domainnya www.amazon.com, domain dari facebook ya www.facebook.com. 

Domain dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
  1. Top Level Domain (TLD), akhiran pada nama domain TLD ini meliliki 2 bagian lagi, yaitu country code top level domain (level domain tertinggi pada negara) contohnya Indonesia berarti .id , .us , .ru , .ca dll. 
  2. Second Level Domain (SLD), nama domain yang ada ditengah-tengah atau yang kedua dari belakang. contohnya akudc.co.cc, SLDnya yaitu akudc.
  3.  Lower Level Domain, nama domain untuk yang paling kecil, untuk yang ini sudah sangat jarangsekali dipakai, biasanya orang-orang hanya memakai sampai SLD saja. 
Pemilihan nama domain itu sangat penting, pilihlah nama domain yang berhubungan dengan konten-konten atau artikel-artikel yang anda miliki, misalkan website anda berisi tentang panduan-panduan memasak tetapi anda memilih nama domain misalnya informatika.com, apakah itu nyambung? Well, pemberian nama domain pun tidak perlu panjang-panjang, cukup singkat saja dan pastikan bahwa orang lain dapat mengingat nama domain anda.
Untuk sekarang ini sudah banyak situs-situs yang menjual domain, misalnya idwebhost.com. Anda dapat menemukan berbagai macam domain dengan harga tertentu. Seperti:


 Silahkan pilih domain seperti apa yang anda inginkan dan tentunya sesuai target pasar anda juga.

"Kalo yang gratis gimana?" Tentu ada, silahkan klik DISINI. :)
 

1 komentar:

  1. BlueHost is one of the best website hosting provider with plans for any hosting needs.

    BalasHapus

blogger yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca :)