Jumat, 16 Maret 2012

Kinds of Search Engine

Postingan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian Search Engine. Sekarang, mari kita bahas mengenai macam-macam atau jenis-jenis Search Engine, ada Search Engine apa saja sih?

Well, Berbagai Search Engine sudah bermunculan saat ini, tetapi disini saya hanya akan menjelaskan beberapa perusahaan Search Engine yang sudah terkenal di History komputer kita atau yang baru saja kita dengar, ini dia.

  1. Google
Mbah yang satu ini pasti sudah sangat mendarah daging dikehidupan kita, wiiiiiih hehe..
Bagaimana tidak? bentar-bentar ke google, nyari tugas ke google, nyari informasi apapun ke google, maka tidak heran jika si mbah ini mendapatkan ranking pertama di Alexa.com.
 


Apa sih yang membuat Google kian merajalela?

Google mempunyai beberapa karakteristik yaitu:
  • The text of the link , jika banyak link yang mengunjungi situs halaman yang sama dengan keyword yang sama maka situs halaman tersebut akan menjadi peringkat tertinggi untuk keyword tersebut. 
  • Kekuatan link di situs halaman, link dari situs halaman memiliki pengaruh lebih tinggi dari link dari halaman dengan beberapa link balik.
  • Konten dan Halaman
  • Pengalihan dan URL singkat, 
  • Usia sebuah situs web, Semakin tua sebuah situs maka Google akan lebih mempercayai situs tersebut situs yang tetap dengan waktu yang lama akan lebih dipercayai dari pada situs yang datang dan pergi.
Google memiliki 3 bagian yaitu:
  •     Googlebot, web crawler yang menemukan dan mengambil halaman web.
  •     Pengindeks dengan macam-macam kata pada setiap halaman dan menyimpan indeks yang dihasilkan didalam database yang besar.
  •     Prosesor query, yang membandingkan permintaan pencarian Anda ke indeks dan merekomendasikan dokumen yang dianggap paling sesuai. 
Sistem pencarian yang sangat terkenal ini mendapatkan pendapatan sebesar US$8,58 miliar pada tahun 2011.


       2. yahoo!search


Ini adalah salah satu jenis Search Engine juga. Saat ini yahoo!search menempati peringkat kedua setelah google. Ketika mencari referensi tentang search engine ini saya mencarinya di yahoo, terasa aneh karena sering ke google kali yaa.

Cara kerja pada pencarian ini yaitu ketika kita memasukkan keyword, yahoo akan langsung mencari dari ribuan artikel-artikel yang ada diberbagai situs, lalu yahoo akan membuat perbandingan dengan cara membaca setiap artikel dan akan memilih halaman situs yang dianggap paling relevan dengan keyword yang dimasukkan, dan yahoo akan memilih situs-situs yang akan tampil di halaman pertama, situs yang berada dibaris pertama adalah situs yang mempunyai rangking yang tinggi.



 Bagaimana dengan pendapatan yang di peroleh yahoo? tidak berbeda dengan Google, yahoo pun mendapatkan pendapatan milyaran dollar.


   3.  Altavista

Ini adalah salah satu search engine tertua. Altavista didirikan pada tanggal 15 Desember 1995. Namun sekarang ini Search Engine ini sudah jarang dipakai.






Pada gambar dibawah ini jelas terlihat bahwa search engine altavista sudah mulai menurun.




Altavista memiliki beberapa keunggulan, seperti:
  • Altavista dapat menetapkan umur maksimal halaman situs akan ditampilkan
  • Disearch Engine ini tidak hanya dokumen-dokumen saja yang dapat ditampilkan, tetapi dapat berupa video, gambar, MP3, dan file audio dan yang lainnya.
  • Altavista dapat melakukan indeks dengan cepat sehingga dapat menampilkan halaman yang diinginkan dengan baik.

    4. Bing

Yang menarik pada search engine ini adalah ketika kita membuka halaman situsnya akan tampil gambar-gambar yang sangat menarik, seperti gambar disamping.

Well, Bing adalah salah satu Search Engine yang dimiliki Microsoft.

Cara kerjanya hampir sama dengan Google.

Perbedaan Bing dengan Search Engine lainnya yaitu, ketika kita mengetikkan keyword maka Bing akan menampilkan preview website dengan hasil pencarian yang lebih sedikit, Anda pun dapat menonton video tanpa meninggalkan pencarian, dan tidak ada salah eja.


inilah hasil rank bing di Alexa.




    5. Lycos

Lycos  didirikan pada tahun 1995. Lycos berkantor pusat di Waltham, Massachusetts. Laba-laba lycos, bernama "T-Rex", menjelajahi setiap website-website dan menyediakan update ke indeks Lycos dari waktu ke waktu. Lycos memiliki beberapa database dari yang memberikan hasil pencarian. Daftar pertama Hasil Pencarian adalah kumpulan link dari dalam Jaringan Lycos dan iklan tertentu. Kemudian, untuk sekitar 50.000 kata kunci, ada pada puluhan daftar dari Looksmart. Ini disebut daftar komersial atau periklanan. 

 Kelebihan Lycos:
  
* Jalur akses ke database cepat
  * Beberapa fitur canggih
  
* Konten yang ekstensif 

Kekurangan:
  
* Iklan yang berlebihan pada Hasil Pencarian.
  
* Tidak penuh dalam mencari nilai Boolean dan hilang fitur canggih lainnya yang memiliki   AlltheWeb
  
* Kadang-kadang memiliki versi lama dari database AlltheWeb


Itulah contoh-contoh search engine Internasional.

 Bagaimana dengan Indonesia? Apa Indonesia juga mempunyai search Engine? Tentu ada doong, yaa disini saya akan menjelaskan beberapa Search Engine Indonesia punya :D

      1. Cangkok

Cangkok adalah salah satu Search Engine milik  Indonesiaa dan terbesar di Indonesia. Cangkok sedang berusaha untuk memberikan hasil yang paling baik di Internet. 
Metode page rank 1 cangkok menempatkan informasi-informasi yang paling relevan akan ditampilkan dahulu. Cangkok menilai pentingnya infomasi pada halaman web, tidak hanya berdasarkan perolehan suara yang diperoleh, juga tidak hanya dari hasil analisis terhadap si pemberi suara (yang ngeklik). 


pencarian di cangkok adalah pencarian yang obyektif, jujur, dan berkualitas tinggi. Sehingga hasil peringkat suatu web tidak dapat direkayasa oleh siapapun. Serta tidak seorang pun dapat membeli peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian.

untuk lebih lengkapnya silahkan baca http://www.cangkok.com/_help/tentang-cangkok.php


   2. Gondez

Search Engine ini memiliki metode yang hampir sama dengan kebanyakan search engine lainnya. Search Engine ini juga sedang dalam perencanaan perbaikan untuk menjadi lebih baik lagi, dan kabarnya Gondez akan menambahkan fitur baru.



   3. Situs.web.id


Situs.web.id ini mempuyai tujuan yaitu memetakan dan menyatukan semua situs Indonesia yang ada di internet.



Saya belum mendapatkan hal yang lebih mendetail dari Search Engine lokal milik Indonesia itu. Mohon Maaf :)

    0 komentar:

    Posting Komentar

    blogger yang baik selalu meninggalkan komentar setelah membaca :)